Laman

Friday, July 28, 2017

Idul Fitri: Menolak Berjabat Tangan Dengan Non Mahram


Idul Fitri : Menolak berjabat tangan dengan non mahram

Idul Fitri adalah momen bagi umat muslim untuk saling bersilaturahim. Baik kepada keluarga, kerabat, tetangga maupun rekan kerja. Momen ini pun tidak dilewati begitu saja tanpa saling bermaaf-maafan. Di Indonesia sudah lazim saling bermaafan disertai dengan jabatan tangan. Saling berjabat tangan dibolehkan dalam Islam karena itu akan mempererat ukhuwah antar saudara. Namun yang harus diperhatikan adalah jabatan tangan hanya diperbolehkan untuk mahramnya saja.

Rasulullah bersabda: “Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thabrani dalam Mu’jam Al Kabir 20:211. Syaikh Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Jelas dalam hadits diatas bahwa Islam melarang umatnya bersentuhan dengan selain mahramnya. Namun masih banyak yang kesulitan untuk menolak berjabat tangan.
dunia jilbab, artikel islami, duniajilbab, artikel islam, cerpen cinta dalam diam seorang muslimah
cerpen cinta dalam diam seorang muslimah

“ga enak, soalnya temenan udah lama”

“takut dikira ga menghormati yang lebih tua”

Begitulah kira-kira alasannya. Sebagai muslim yang taat tentunya tidak ingin melanggar perintah-Nya. Lalu bagaimana cara menolak berjabat tangan dengan non mahram?

Dua tips berikut dapat dijadikan alternatif agar tidak menyinggung perasaan orang lain; Pertama, katakan bahwa sedang menjaga wudhu’, dengan begitu orang lain akan paham dan perasaannya tidak tersinggung. Kedua yaitu saat diajak berjabat tangan, Rapatkan kedua tangan dan dekatkan dengan badan. Sehingga tangan tidak akan bersentuhan.

Semoga dengan ini akan menjaga keberkahan Idul Fitri dan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Selamat hari raya Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Barakallahu fiikum.

No comments:

Post a Comment